Penciptaan menurut mitologi Nordik

From Iaprojects

Voluspa menceritakan kisah penciptaan alam semesta Norse:

ceritA masa lalu yang kudapat jauh. Aku ingat saat Ymir hidup; tidak ada laut dan tidak ada gelombang dingin, tidak ada pasir, tidak ada bumi, tidak ada langit dan tidak ada rumput.

Pada awalnya tidak ada apapun kecuali es Niflheim, ke utara dan api Muspelheim, ke selatan. Diantaranya ada celah besar : Ginnungagap , dan dalam celah ini beberapa potong es bertemu dengan beberapa sulutan api. Es mencair memebentuk Eiter, yang menjadi tubuh raksasa hermafrodit Ymir dan sapi Auðumbla, yang memberi susunya pada Ymir. Auðumbla makan dengan menjilati es, dan perlahan menumbuhkan rambut manusia. Setelah sehari ia memiliki wajah. Setelah sehari lagi, ia sepenuhnya menjadi manusia: Búri.

Ymir menjadi ayah dari Thrudgelmir, dan dua manusia, laki-laki dan perempuan. Búri menjadi ayah Borr. Borr punya tiga anak, Vili, Ve, dan Odin, yang membunuh raksasa Ymir. Dalam banjir besar darah Ymir, kedua manusia pertama mati. Thrudgelmir juga tenggelam, walau sebelumnya ia telah menjadi ayah dari Bergelmir. Bergelmir bersembunyi dalam sebuah kayu lobong dan selamat. Odin dan saudaranya memakai tubuh Ymir untuk menciptakan alam semesta: mereka menghancurkan dagingnya menjadi tanah, dan belatung yang muncul dalam dagingnya menjadi kurcaci yang tinggal dibawah bumi. Tulangnya menjadi gunung dan Odin mencampakkan otaknya ke langit untuk menciptakan awan. Alam semesta terdiri dari sembilan dunia, dimana bumi (Mannheim) ada di tengahnya. Mereka meletakkan empat kurcaci Nordri (utara), Sudri (selatan), Austri (timur), dan Vestri (barat) untuk memegang tengkorak Ymir dan menciptakan langit. Lalu memakai api dari Muspelheim, para tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang. Saat Odin dan dua tuhan lain (suku Edda mengatakan mereka adalah Hœnir dan Lóðurr, mereka dianggap nama lain dari Vili dan Ve) berjalan di pantai, mereka menemukan dua potong kayu hanyut. Dari ini, mereka menciptakan manusia-manusia pertama (dua yang sebelumnya tenggelam dalam banjir darah Ymir), Ask dan Embla. Alis Ymir dipakai untuk menciptakan tempat tinggal untuk umat manusia, tempat yang disebut Midgard.

Tuhan-tuhan mengatur perjalanan siang dan malam, dan pergantian musim. Sol adalah tuhan matahari, anak dari Mundilfari, dan istri dari Glen. Setiap hari, ia mengelilingi langit mengendarai keretanya yang ditarik dua kuda bernama Arvak dan Alsvid. Jalan ini disebut Alfrodull, yang berarti “kejayaan para kurcaci”, yang kemudian juga menjadi sebutan buat matahari. Sol dikejar Skoll seharian, Skoll adalah serigala yang ingin memakannya. Gerhana matahari menunjukkan kalau Skoll hampir menangkapnya. (Di takdirkan kalau Skoll akan pada akhirnya menangkap Sol dan memakannya pada akhir dunia; walau begitu, ia akan digantikan oleh anaknya.) saudara Sol, bulan Mani, dikejar oleh Hati, serigala lainnya. Bumi dilindungi dari panas sepenuhnya matahari oleh kurcaci Svalin, yang berdiri di antara bumi dan Sol. Rambut berapi Arvak dan Alsvid memberi cahaya untuk bumi.

Personal tools
Other sites