Penciptaan menurut suku Aborigin Victoria

From Iaprojects

Pada awalnya Pundjel membuat dua laki-laki dari tanah liat. Dengan pisau besarnya ia memotong kulit kayu. Di salah satu kulit kayu, ia meletakkan tanah liat, dan mengerjakannya dengan pisau. Saat tanah liat itu lembut, ia memindahkan separuhnya ke kulit kayu yang satunya lagi dan ia membentuk tanah liat itu menjadi manusia, mulai dari kaku, lalu badan dan tangan dan terakhir kepala. Ia membuat masing-masing satu manusia di tiap kulit kayu. Ia bangga dengan pekerjaannya dan melihat ke karyanya lama sekali dan ia menari-nari di sekelilingnya. Ia lalu mengambil ijuk dari sebuah pohon…membuat rambut dan meletakkannya ke kepala mereka, dan ia semakin senang lalu menari mengelilinginya. Sekali lagi ia menghaluskan tubuh mereka dengan tangannya, dari kaki hingga kepala, lalu ia hembuskan nafas ke mulut mereka, ke hidung dan dan telinga, dan mereka bergoncang dan bernapas untuk pertama kali. Ia menari mengelilingi kedua manusia ini ketiga kalinya. Ia lalu membuat mereka bicara dan menyuruh mereka berdiri, dan mereka bangkit, dan tampak sebagai pria dewasa.

Satu hari Pallyan, anak dari Pundjel, pembuat laki-laki, bermain di lubang air dalam dan ia menepis-nepis air dengan tangannya hingga semakin tebal dan berlumpur. Akhirnya ia melihat sesuatu, dan membagi sesuatu itu dengan sebuah ranting, ia menemukan tangan dan dua kepala, akhirnya ia menemukan dua bentuk wanita, mereka adalah wanita pertama di dunia dan diberikan sebagai istri dari kedua laki-laki yang telah diciptakan Pundjel. Setelah manusia berkembang biak, mereka menjadi jahat; dan Pundjel, turun dari langit dengan marah, ia dan Palluan dibawa oleh angin setelah mereka membuat manusia pertama, dengan pisau besar ia memotong manusia menjadi potongan-potongan kecil yang bergerak merangkak seperti cacing. Angina besar muncul dan menyebarkan potongan-potongan ini seperti salju ke seluruh penjuru dunia, dan dimanapun ia jatuh, ia akan menjadi manusia kembali.

Referensi

1. SMYTH, R. B., The Aborigines of Victoria. 2 vols. Melbourne, 1878. 2. THOMAS, W., Letters from Victorian Pioneers. (Quoted in R. B. Smyth, The Aborigines of Victoria, i. 425, note. Melbourne, 1878.)

Personal tools
Other sites